Selasa, 30 April 2013

ASAS-ASAS ORGANISASI


Organisasi adalah suatu sistemperserikatan, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Sedangkan proses pengorgaisasian adalah meliputi pembatasan dan penjumlahan tugas-tugas, pengelompokan dan pengklasifikasian tugas-tugas, pendelegasian wewenang di antara karyawan perusahaan.

Suatu organisasi harus didasarkan pada asas (prinsip-prinsip) organisasi sebagai berikut:

1. Principle of  Organizational Objective (asas tujuan organisasi)
Tujuan organisasi harus jelas dan rasional yaitu apakah :
  • Mendapatkan laba (business organization)
  • Memberikan pelayanan (public organization).
2. Principle of Unity of Objective (asas kesatuan tujuan)
  • Harus ada tujuan yang ingin dicapai
  • Keseluruhan dan tiap-tiap bagiannya harus berusaha mencapai tujuan tersebut.
3. Principle of Unity of Command (asas kesatuan perintah)
  • Setiap bawahan bertanggung jawab hanya kepada satu orang atasan.
  • Atasan boleh memerintah beberapa bawahan.
4. Principle of the Span of Management (asas rentang kendali)
  • Seorang manajer hanya memimpin sejumlah bawahan tertentu misal 3 sampai 9 orang.
  • Jumlah bawaahan tergantung kemampuan kerja manajer.
5. Principle of Delegation of Authority (asas pendelegasian wewenang)
  • Pendelegasian wewenang harus jelas dan efektif.
6. Principle of Parity of Autyority and Responsibility (asas keseimbangan wewenang dan tanggung jawab)
  • Wewenang harus  dan tanggung jawab harus seimbang, misalnya jika wewenang sebesar X, tanggung jawabnya pun harus sebesar X pula.
7. Principle of Responsibility (asa tanggung jawab)
  • Pertanggungjawaban dari bawahan terhadap atasan harus sesuai dengan garis wewenang.
8. Principle of Departementation (principle of devision of work = asas pebagian kerja)
  • Pengelompokan tugas-tugas, pekerjaan-pekerjaan yang sama ke dalam satu unit kerja  hendaknya didasarkan atas eratnya hubungan pekerjaan tersebut.
9. Principle of Personnel Placement (asas penempatan personalia)
  • Penempatan karyawan harus tepat sesuai keahlian masing-masing.
  • Harus dibuat job spesification ketika akan diadakan seleksi.
10. Principle  of Scalar Chain (asas jenjang berangkai)
  • Rangkaian wewenang dari atas ke bawah, hindari tindakan dumping .
11. Principle of Efficiency (asas efisiensi)
  • Mencapai tujuan yang maksimal dengan pengoranan yang minimal.
12. Principle of Continuity (asas kesinambungan)
  • Organisasi harus mengusahakan cara-cara untuk menjamin kelangsungan hidupnya.
13. Principle of Coordination (asas koordinasi)
  • Mencinkronkan dan mengintegrasikan segala tindakan, supaya terarah kepada sasaran yang ingin dicapai.

Ciri-ciri organisasi yang baik dan efektif, antara lain :
  1. Tujuan organisasi itu jelas dan realitas.
  2. Pembagian kerja dan hubungan pekerjaan antara unit kerja harus baik dan jelas.
  3. Organisasi harus menjadi wadah yang efektif dalam mencapai tujuan.
  4. Tipe organisasi dan strukturnya harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  5. Unit-unit kerja ditetapkan berdasarkan atas eratnya hubungan pekerjaan.
  6. Job description setiap jabatan harus jelas.
  7. Rentang kendali setiap bagian berdasarkan volume pekerjaan.
  8. Summber perintah dan tanggung jawa harus jelas.
  9. Jenis wewenang yang dimiliki setiap pejabat harus jelas.
  10. Tidak ada mismanajemen penempatan karyawan.
  11. Hubungan antar bagian jelas dan serasi.
  12. Pendelegasian wewenang berdasarkan Job description.
  13. Deferensiasi, koordianasi, integrasi dan sinchronisasi harus baik.
  14. Organisasi luwes dan fleksiel.
  15. Organisasi mempunyai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar