Organisasi adalah suatu sistemperserikatan, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Sedangkan proses pengorgaisasian adalah meliputi pembatasan dan penjumlahan tugas-tugas, pengelompokan dan pengklasifikasian tugas-tugas, pendelegasian wewenang di antara karyawan perusahaan.
Suatu organisasi harus didasarkan pada asas (prinsip-prinsip) organisasi
sebagai berikut:
1. Principle
of Organizational Objective (asas tujuan
organisasi)
Tujuan
organisasi harus jelas dan rasional yaitu apakah :
- Mendapatkan laba (business organization)
- Memberikan pelayanan (public organization).
2. Principle
of Unity of Objective (asas kesatuan tujuan)
- Harus ada tujuan yang ingin dicapai
- Keseluruhan dan tiap-tiap bagiannya harus berusaha mencapai tujuan tersebut.
3. Principle
of Unity of Command (asas kesatuan perintah)
- Setiap bawahan bertanggung jawab hanya kepada satu orang atasan.
- Atasan boleh memerintah beberapa bawahan.
4. Principle
of the Span of Management (asas rentang kendali)
- Seorang manajer hanya memimpin sejumlah bawahan tertentu misal 3 sampai 9 orang.
- Jumlah bawaahan tergantung kemampuan kerja manajer.
5. Principle
of Delegation of Authority (asas pendelegasian wewenang)
- Pendelegasian wewenang harus jelas dan efektif.
6. Principle
of Parity of Autyority and Responsibility (asas keseimbangan wewenang dan
tanggung jawab)
- Wewenang harus dan tanggung jawab harus seimbang, misalnya jika wewenang sebesar X, tanggung jawabnya pun harus sebesar X pula.
7. Principle
of Responsibility (asa tanggung jawab)
- Pertanggungjawaban dari bawahan terhadap atasan harus sesuai dengan garis wewenang.
8. Principle
of Departementation (principle of devision of work = asas pebagian kerja)
- Pengelompokan tugas-tugas, pekerjaan-pekerjaan yang sama ke dalam satu unit kerja hendaknya didasarkan atas eratnya hubungan pekerjaan tersebut.
9. Principle
of Personnel Placement (asas penempatan personalia)
- Penempatan karyawan harus tepat sesuai keahlian masing-masing.
- Harus dibuat job spesification ketika akan diadakan seleksi.
10. Principle of
Scalar Chain (asas jenjang berangkai)
- Rangkaian wewenang dari atas ke bawah, hindari tindakan dumping .
11. Principle of Efficiency (asas efisiensi)
- Mencapai tujuan yang maksimal dengan pengoranan yang minimal.
12. Principle of Continuity (asas kesinambungan)
- Organisasi harus mengusahakan cara-cara untuk menjamin kelangsungan hidupnya.
13. Principle of Coordination (asas koordinasi)
- Mencinkronkan dan mengintegrasikan segala tindakan, supaya terarah kepada sasaran yang ingin dicapai.
Ciri-ciri
organisasi yang baik dan efektif, antara lain :
- Tujuan organisasi itu jelas dan realitas.
- Pembagian kerja dan hubungan pekerjaan antara unit kerja harus baik dan jelas.
- Organisasi harus menjadi wadah yang efektif dalam mencapai tujuan.
- Tipe organisasi dan strukturnya harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan
- Unit-unit kerja ditetapkan berdasarkan atas eratnya hubungan pekerjaan.
- Job description setiap jabatan harus jelas.
- Rentang kendali setiap bagian berdasarkan volume pekerjaan.
- Summber perintah dan tanggung jawa harus jelas.
- Jenis wewenang yang dimiliki setiap pejabat harus jelas.
- Tidak ada mismanajemen penempatan karyawan.
- Hubungan antar bagian jelas dan serasi.
- Pendelegasian wewenang berdasarkan Job description.
- Deferensiasi, koordianasi, integrasi dan sinchronisasi harus baik.
- Organisasi luwes dan fleksiel.
- Organisasi mempunyai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar